Published Senin, Januari 21, 2019 by Hannan Izzaturrofa

Kemarin dan Hari Ini

Kemarin hari minggu, dan rumah ramai sekali. Ada Azizah yang memang setiap minggu pulang dari asramanya, ada Aisyah yang bulan ini sedang kedapatan jadwal pulang dari asramanya, ada Hilmi yang memang sedang menikmati jeda kuliahnya, ada Mas Suami yang memang Alhamdulillahnya selalu (berusaha) ada, juga ada Ummi dan Abi yang sedang pulang dari kota perantauan.

Tapi itu kemarin. Hari ini Azizah dan Aisyah sudah kembali ke asrama. Abi pun juga sudah kembali ke kota perantauan, Jakarta. Hilmi sedang bermain dengan teman-temannya yang baru selesai sidang akhir, sedari pagi. Pun Ummi hari ini sedang ada jadwal mengajar di tiga tempat berbeda. Aku hanya berdua dengan Mas Suami, yang sebentar lagi pun akan pergi bertemu dengan Ami Ridho untuk mengurus sesuatu. Sebentar lagi aku akan sendiri, di rumah, yang sebelumnya tampak ramai dan berisik.

Sebenarnya aku sudah sering sendiri begini, toh juga sudah pernah merasakan hidup di perantauan selama lebih dari 4 tahun. Tapi karena hal ini seperti peralihan dari suasana yang ramai ke suasana yang sepi, rasanya jadi aneh sekali.

Jadi ada sedikit rasa, kangen.

***

Ditulis ba'da ashar, tapi baru dipublikasikan sekarang