Published Selasa, Oktober 23, 2018 by Hannan Izzaturrofa

Cooking Life #1

Selasa, 23 Oktober 2018
Jadi hari ini, aku mau nge-share makanan yang aku masak pagi tadi. Menunya itu ada ayam goreng krispi, kentang goreng krispi, tahu bulat, dan sayur sop. Iseng aja sih karena pengen rutin nulis tapi bingung apa yang mau ditulis, jadinya aku kepikiran aja gitu buat nulisin resep abal-abal ala Hannan, hehe. Dan semua bahan-bahan ini aku beli cuma dengan harga Rp 20.500 loh! Percaya nggak? wkwk. Tapi, percaya nggak percaya, tulisannya tetep harus dibaca ya, hehe.

Jadi semua menu makanan ini aku buatnya barengan, alias paralel gitu. Awalnya aku ngupas bawang merah, bawang putih, dan wortel. Jumlahnya asal aja sesuai selera, dan tadi aku pakenya sekitar 5 siung bawang putih dan 6 siung bawang merah. Ini aku pake buat semua makanan yang mau aku bikin itu, jadi nanti bawangnya setelah dipotong-potong langsung dibagi 3 bagian aja. Terus kalau kentangnya nggak aku kupas, soalnya belinya yang udah dikupas gitu. Dan bahan-bahan sopnya pun aku belinya yang udah dibungkusin gitu (sebungkusnya harganya 1500 aja), soalnya kalau beli satu-satu takut kebanyakan, hehe. Lanjut. Setelah semua bahan dikupas, mulai deh cuci mencuci. Semua bahan harus dicuci, dari ayam, kentang, bawang, bahan-bahan sop, sampai tahunya juga. Lalu setelah semuanya dicuci, mulai deh ngebikin menunya satu per satu.

Di sini, pertama-tama aku balurin ayamnya pakai bawang merah dan bawang putih yang tadi udah dicuci dan selanjutnya dipotong-potong. Seharusnya bawangnya diulek sih, tapi berhubung aku belum punya ulekannya, jadinya aku geprek trus baru aku potong tipis-tipis. Nah setelah semua ayam terbalurkan, baru ayamnya itu ditambahin sama tepung terigu, garam, lada putih bubuk, cabe bubuk dan air. Bahan-bahan tadi sesuai selera aja, yang penting ayamnya terendam dan adonannya juga nggak terlalu encer. Dan itu juga bumbunya asal aja sih, soalnya yang di dapur adanya itu doang wkwk. Terus abis diaduk-aduk sampai rata, diemin aja agak lamaan sampai bahan-bahan tadi meresap. Nah, biasanya sambil nunggu bahan-bahannya meresap, aku mulai bikin menu makanan yang lainnya.

Jadi sembari menunggu ayamnya yang lagi direndam itu, tadi aku mulai ngehancurin tahunya. Oh iya, tahu yang aku pakai itu tahu putih ya. Terus setelah dihancurin, tambahin deh bawang putih dan bawang merah yang tadi, garam, lada putih bubuk, dan cabe bubuk. Diaduk-aduk, terus didiemin lagi sebentar. Harusnya biar tahu bulatnya bisa krispi dan tengahnya kopong (kayak tahu bulat yang biasa digoreng dadakan itu), adonan tahunya diperas dulu sampai airnya habis dan ditambahin baking powder. Tapi berhubung aku males dan baking powder-nya pun nggak ada, jadi tahunya aku biarin kayak gitu aja hehe. Malah biar agak gampangan dibentuknya, adonannya aku tambahin sedikit terigu biar airnya sedikit keserap (tapi nggak perlu ditambahin terigu juga nggak apa-apa kok). Dan sebelum dibentuk bulat-bulat, aku diemin sebentar tahunya buat ngerjain lainnya.

Sebenarnya kalau mau tahunya langsung dibulat-bulatin dan digoreng juga nggak apa-apa sih. Tapi karena aku ngebikin adonan-adonan itu di ruang tengah dan dapurnya itu ada di belakang dengan kondisi yang terbuka, jadi aku sekalian aja semua bahan dibikin baru terakhir tinggal goreng-goreng biar nggak bolak balik. Jadinya sambil nunggu tahunya yang iseng aku diemin itu, aku mulai motong-motong kentangnya. Dipotongnya itu sesuai selera, tapi di sini aku motongnya panjang-panjang dan tipis-tipis. Dan setelah dipotong-potong, aku mulai ngerebus air. Terus setelah mendidih, aku tambahin garam, lada putih bubuk, dan cabe bubuk. Diaduk-aduk sebentar, baru setelah itu masukin kentang yang tadi udah dipotong-potong itu. Direbusnya sekitar 3-5 menit aja nggak usah lama-lama. Dan setelah selesai direbus, kentangnya ditiriskan, terus abis itu dibalurin pakai tepung maizena.

Lagi-lagi, kalau mau kentangnya krispi banget ala-ala fastfood yang biasa dijual di luar gitu, habis dibalurin tepung maizena kentangnya itu sebaiknya dimasukin freezer sekitar 15 menitan. Tapi berhubung aku belum punya kulkas, jadinya kentangnya aku diemin aja gitu pakai tepung maizena sampai dingin. Dan sambil nunggu kentangnya dingin, aku mulai ngenumis bawang-bawangnya sampai harum. Biasanya aku numisnya langsung di pancinya biar praktis (padahal biar nggak kebanyakan cucian wkwk) setelah sebelumnya dikasih minyak sedikit. Dan setelah harum, langsung masukin air secukupnya dan tunggu sampai mendidih. Nah sambil nunggu airnya mendidih, aku baru mulai motong-motong bahan-bahan sayur sopnya itu. Jadi pas udah selesai motong-motong, airnya udah mulai mendidih. Dan setelah mendidih, aku mulai masukin satu per satu bahan-bahannya. Dari yang paling keras ya, jadi tadi aku awalnya masukin bakso kecil-kecil (tambahan biar sopnya ada daging-dagingnya dikit, hehe), terus agak lamaan baru wortelnya, dan sekitar 5 menitan baru masukin sayur-mayurnya. Terus kalau semua bahan udah masuk, baru deh tambahin garam, lada putih bubuk, cabe bubuk dan bubuk kaldu ayam. Tapi di sini aku masukin bubuk kaldu ayamnya dikit aja, jadi kalau misalnya kurang asin atau apa aku tinggal nambah-nambahin garam dan ladanya aja sesuai selera.

Oh iya, tadi sambil bikin sayur sop, aku mulai manasin minyak buat ngegoreng semua menu yang harus digoreng. Dan sambil nunggu minyaknya panas, aku mulai ngebulet-buletin tahunya. Ini dikira-kira aja ya, berhubung aku cuma pakai 2 tahu putih jadi sambil nunggu minyaknya panas aku emang bisa nyambi ngebulet-buletin. Yang penting jangan sampai kelupaan kalau lagi manasin minyak, hehe. Terus setelah minyaknya panas, aku mulai deh ngegoreng tahunya pakai api yang kecil. Dan tahunya juga nggak perlu terlalu sering dibolak-balik, soalnya bukan tahu bulat yang digoreng dadakan wkwk. Lanjut. Sambil nunggu tahunya matang, aku mulai ngebumbuin kentang tadi pakai terigu, garam, lada putih bubuk, cabe bubuk, dan air secukupnya. Tadi aku bikinnya yang agak-agak kental gitu tapi adonannya. Dan setelah tahunya matang dan berwarna kuning kecoklatan, aku langsung deh mulai ngegoreng kentangnya.

Nah kan ngegoreng kentangnya juga agak lama ya (soalnya aku sukanya yang krispi banget, jadi emang sengaja aku lama-lamain tapi tetep dilihat jangan sampai gosong), jadi aku mulai deh nepungin ayam yang tadi udah direndam sama adonan tepung. Di sini bisa pakai tepung bumbu serbaguna yang biasa dijual di toko-toko, atau pakai tepung terigu biasa. Biasanya sih aku pakai tepung terigu biasa yang udah aku kasih bumbu seadanya, tapi berhubung pas tadi beres-beres peralatan dapur kok ya nemu satu bungkus tepung bumbu serbaguna, jadinya aku pakai itu deh biar tepungnya kepake. Dan di sini pas nepunginnya ayamnya agak dicubit-cubit sedikit ya biar tepungnya agak nempel dan nggak langsung lepas pas digoreng. Biar ada krispi-krispinya gitu, hehe.

Dan ya udah, setelah kentangnya mateng, aku langsung deh ngegoreng ayamnya. Dan goreng-menggoreng tadi apinya kecil-kecil aja ya biar nggak cepat gosong. Apalagi pas ngegoreng ayamnya. Soalnya ngegoreng ayam tuh agak lama. Makanya biasanya sambil ngegoreng ayam, aku mulai tuh ngeberes-beresin peralatan tempur yang tadi aku pakai. Dari nyapu, ngelap-ngelap sampai nyuci piringnya. Dan kalau satu sisi ayamnya udah mulai berwarna kuning kecoklatan, langsung balik aja deh, dan tunggu agak lamaan lagi sampai sisi yang lainnya juga warnanya itu kuning kecoklatan.  Oh iya ayamnya juga jangan terlalu sering dibolak-balik, cukup satu sisi matang baru dibalik buat ngematengin sisi yang lainnya. Soalnya kalau keseringan dibolak-balik nanti malah tepungnya pada lepas. Nah, kalau sudah semua, angkat, tiriskan, matikan kompor, dan jadi deh semuanya!

***

Kalau tadi merhatiin tulisan aku dari atas sampai bawah, pasti sadar kalau bumbu yang aku pakai cuma itu-itu saja. Cuma garam, lada putih bubuk, cabe bubuk, sama bubuk kaldu ayam. Ya, soalnya emang yang ada di dapur cuma ada itu wkwk. Tapi walaupun cuma itu-itu aja, bumbu-bumbu tadi bisa buat masak berbagai macam makanan loh. Terus emang semua makanan yang aku bikin ya bahan-bahannya cuma seharga Rp 20.500 tadi. Murah banget kan? Ya, belum termasuk garam, bawang, dan lain-lainnya, sih. Soalnya kan kalau bahan-bahan itu belinya pasti banyakan, dan sekali beli biasanya bisa dipake buat seminggu lebih kalau bawangnya (aku belinya seperempat) dan kalau garam bisa berbulan-bulan. Tapi tetep, ini harga Purbalingga. Nggak tahu deh kalau dikota lain, hehe.

Tapi, makanan tadi juga biasanya bisa buat seharian kalau dimakan berdua sama aku dan Mas Suami, loh. Jadi bisa banyak nabung buat beli jajanan deh, wkwk. Dan kalau di foto itu, tahunya emang nggak begitu kelihatan karena tenggelam ketumpuk sama kentang-kentang. Dan kentangnya juga udah seperempat habis dicemilin Mas Suami. Terus walaupun bumbunya itu-itu aja, Alhamdulillah Mas Suami (kayaknya) suka-suka aja sama hasil pertempuranku di dapur. Kayaknya sih :"

Dan terakhir, selamat mencoba! (Kalau memang mau mencoba wkwk)