Published Senin, Juli 23, 2018 by Hannan Izzaturrofa

Perjalanan Itu

Ada banyak hal yang mungkin, menjadi pemikiran-pemikiran beberapa hari belakangan ini. Soal ketakutan-ketakutan dan kekhawatiran-kekhawatiran yang mungkin sedikit berlebihan. Entahlah. Rasanya ada banyak pertanyaan yang belum terjawab, masalah yang belum terselesaikan, dan rahasia yang belum terungkapkan.

Tapi perjalanan panjang itu, seolah membuka seluruh tabir yang ada. Semua seperti dijelaskan secara terperinci dan dengan penjelasan yang sejelas-jelasnya. Seolah kekhawatiran dan ketakutan yang selama ini menghantui tak lagi ada gunanya. Meski sesekali aku seperti menyesal dan tidak tahu mau merespon seperti apa, tetapi rasanya aku cukup lega. Karena semua sepertinya berakhir dengan cara baik-baik dan tanpa ada lagi masalah. Karena sepertinya, keputusan ini tidak memberatkan salah satu pihak. Tidak ada yang tersakiti ataupun menyakiti, bukan? Cerita panjang yang akhirnya berani diungkapkan malam itu menjadi jawaban atas semua pertanyaan yang ada.

Ya, aku bersyukur. Karena Insya Allah ini adalah yang terbaik untuk kita semua. Kekhawatiran itu, ketakutan itu, dan segala masalah maupun apa saja yang dulu sempat terjadi, biarlah menjadi pembelajaran tanpa harus disesali. Mungkin bisa menjadi hal yang bisa sesekali kita tengok sebagai pengingat di masa depan, agar tidak lagi terjerumus dalam kesalahan yang sama. Atau menjadi hal yang sepertinya tidak perlu lagi untuk dikenang.

Dan semoga aku, kamu, kalian, bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Aku mendoakan yang terbaik untuk kalian. Insya Allah.


Jakarta, 23 Juli 2018
Bismillah.