"Karena kisah ini adalah gertakan dari histori hidup penuh makna."

Kamis, 24 Mei 2018

Time Traveller

Foto ini diambil pada tanggal 26 Maret 2017, tepat di hari aku wisuda.
Hehe. Jadi ceritanya siang tadi aku lagi iseng-iseng buka-buka galeri foto di hp gara-gara lagi pengen ganti dp line. Nah pas lagi buka-buka galeri gitu, eh tiba-tiba nemu foto-foto waktu zaman abis sidang sama wisuda dulu. Terus tiba-tiba berasa kayak jadi time traveller gitu, kayak aku diajak mengarungi waktu ke masa lalu buat bernostalgia. Kayak ada rasa sedih, terharu, bangga sama bahagianya gitu tiba-tiba. Apalagi waktu inget gimana perjuangan biar bisa sidang dulu yang benar-benar sampai harus ngerasain sakit, kecewa, takut, dan sebagainya.

Sebenarnya dulu itu aku sama sekali nggak ada niatan buat lulus 3.5 tahun. Waktu teman-temanku banyak yang mengambil mata kuliah tingkat atas di semester 3, aku malah masih santai-santai aja. Waktu itu aku mikirnya, ngapain juga aku capek-capek menuh-menuhin sks. Toh jatah kuliah kan 4 tahun, jadi ambil sks normal pun nggak akan masalah. Nah pas di semester 4/5 gitu, karena semakin banyak teman-teman di kelas yang ngambil tingkat atas dan mulai ngambil mata kuliah pilihan, alhasil kelas defaultnya jadi semakin tercampur dong gara-gara banyak mata kuliah yang bentrok. Dan sebagian besar teman-temanku itu pada pindah dari kelas default, sekalian juga karena mau nyari dosen yang 'dermawan nilai' (hehe). Jadinya, waktu itu aku ikut-ikutan ambil satu mata kuliah pilihan gitu biar bisa ngerasain pindah-pindah kelas juga. Soalnya, cuma orang-orang yang kelasnya bentrok aja yang bisa pindah-pindah kelas gitu (bisa gitu ya alasannya wkwk).

Eh tapinya, ternyata waktu itu aku salah ngambil mata kuliah. Mata kuliah yang aku ambil itu Kriptografi, mata kuliah yang paling ditakutin sama anak-anak informatika. Katanya, sedikit banget orang yang bisa lulus dari mata kuliah ini, dan memang sedikit juga orang yang berani ngambil mata kuliah ini. Dan benar aja, waktu hari pertama masuk tiba-tiba dosennya bilang gini. "Kalau diantara kalian ada yang merasa tidak bisa mengikuti kelas saya, kalian boleh kok untuk pindah dari kelas saya. Saya tidak akan memaksa kalian untuk mengambil mata kuliah ini. Mata kuliah ini tuh berat, butuh konsentrasi dan tekad yang kuat. Jadi kalau kalian tidak yakin dengan kemampuan kalian sendiri, saya juga lebih tidak yakin lagi untuk meluluskan kalian." Yaudah, karena hari itu dosennya berkata begitu, akhirnya di pertemuan selanjutnya setengah dari siswa yang mengambil mata kuliah itu pun langsung menyerah, temasuk aku wkwk. Jadi kelas kriptografi waktu itu cuma diisi sekitar 7-8 orang.

Nah di semester selanjutnya, aku ngerasa kayak pengen di semester 7/8-ku itu kosong atau hanya diisi sama beberapa mata kuliah aja. Sebenarnya aku lupa gimana cara aku ngambil mata kuliah atas waktu itu, tapi yang aku ingat kalo nggak salah di semester 5 aku cuma ngambil satu mata kuliah pilihan, dan sisanya ngambil kelas lain yang katanya dosennya enak (nilainya wkwk). Begitu juga di semester 6. Tapi bedanya di semester 6 itu aku juga ngambil mata kuliah proposal TA. Mulai ada keinginan buat lulus 3.5 tahun nih ceritanya. Tapi di situ rasanya aku masih santai-santai gitu, dan menganggap bahwa yang penting proposalnya jadi, papernya lengkap, udah. Urusan gimana ngerjainnya itu mah belakangan.

Tapi itu jangan ditiru ya, teman-teman. Soalnya, waktu di semester 7 aku malah jadi kewalahan. Iya lah, aku ngambil topik dan judul TA yang sebenarnya sama sekali nggak masuk di otak aku. Udah gitu, di semester itu aku juga ngambil tiga mata kuliah pilihan yang susah-susah. Aku ngambil Data Mining, Komputasi Evolusioner sama Sistem Rekognisi (wkwkwkwk). Intinya selama aku kuliah, aku ngambil lima mata kuliah pilihan, yang dimana cuma ada dua mata kuliah yang berhubungan sama topik TA aku: Sistem Rekognisi dan Pengolahan Citra Digital (yang aku ambil di semester 5). Jadi bisa kebayang gimana kewalahannya kan? Ngambil tiga mata kuliah pilihan sambil ngerjain TA. Apalagi, di mata kuliah Komputasi Evolusioner itu aku jadi single fighter waktu ngerjain tugas besar gara-gara dua orang teman sekelompokku itu nggak bisa ngoding dan kurang memperhatikan dosen mengajar (hiks, padahal dua-duanya laki-laki loh).

Nah kalau ditanya kenapa tiba-tiba jadi pengen lulus 3.5 tahun padahal awalnya santai-santai aja, jawabannya panjang banget. Jadi nanti deh ya aku ceritain di postingan selanjutnya. Insya Allah aku bakal ceritain dari awal aku memutuskan untuk lulus 3.5 tahun sampai akhirnya bisa wisuda. Pokoknya penuh perjuangan dan air mata deh (lebay). Soalnya kalau diceritain di sini, nanti malah jadi kebanyakan curhatnya. Kan kan niat awalnya mau nge-share foto-fotonya aja wkwk. Jadi langsung diliat aja ya foto-fotonya~
Ini dua sahabat terbaik aku semasa kuliah, dan foto ini diambil sehabis sidang. Itu selempangnya yang bikin mereka berdua (+ lupa siapa lagi wkwk) loh.
Ini teman-teman Infinine kesayanganku~
Ini teman-teman MM (lab. multimedia)
Dan ini foto sama infinine lagi, ceritanya aku jadi tokoh utamanya, hehe.
Nah, tadi itu foto-foto waktu habis sidang. Yang selanjutnya foto-foto habis wisuda, hehe.
Ini foto dua orang yang paling aku sayang di dunia~
Ini keluarga Bapak Heri
Ini nenek aku tersayang.
Posisi Hilmi di sini kayak santai banget gitu ya.
Sedih gitu ya ngeliat pasang-pasangan di samping :"
Nggak tau kenapa suka ngeliat Hilmi-Azizah di sini.
Apalagi foto Hilmi-Azizah yang ini wkwk.

Ini foto adik-adik aku tersayang versi lebih besarnya hehe.
Terus ini ceritanya Abi lagi iseng gitu. Tapi foto di sini tuh cuma bertahan beberapa menit, soalnya abis itu pada disengat lebah wkwk. Jadi pada lari deh.
Nah kalo ini foto sama Mamak Sitah tersayang~
Terakhir, foto sama keluarga Multimedia di studio MM~
(Atas) Aswan, Noor, Keju, Kak Yasmin, Aku, Lulu, Bayu (?), Imam, Dio (Kiri-Kanan)
(Bawah) Anang, Hilmy, Sitah, Turina, Hanif, Ade (Kiri-Kanan)
Sebenarnya masih banyak banget foto yang belum aku munculin di sini. Tapi segitu aja lah ya. Capek juga milihinnya, dan di laptop ini tuh nggak ada file foto sama sekali makanya aku harus download dari go*gle drive dulu foto-fotonya. Jadi, sekian dulu aja yaa. See you!

Notes: Dan karena keasyikan bernostalgia, akhirnya malah nggak jadi ngeganti dp line wkwk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar