Jumat, Mei 25, 2018

# ayat # diary

Kerandoman di Jumat Siang

"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka."
(QS. An-Nisaa': 34)

Sebenarnya cuma lagi random di jam-jam istirahat sholat Jumat, yang lalu menyempatkan diri untuk membaca-baca arti dari beberapa ayat di Al Quran dan setelahnya menemukan ayat di atas. Nggak terlalu nyambung, sih. Tapi aku jadi ingat sama kata-kata Murobbi waktu liqo minggu kemarin. Katanya gini, "Asiyah saja waktu disiksa oleh suaminya, beliau tidak malah jadi mendoakan agar suaminya dihukum. Beliau justru berdoa agar diselamatkan dari perbuatan orang-orang yang dzalim. Karena apa? Ya semata-mata karena beliau ingin mendapatkan ridho dari suaminya." Sempat nyari-nyari ayat yang mendukung kalimat di atas juga, dan setelahnya menemukan inidoa yang diucapkan oleh Asiyah, yang juga diceritakan di sebuah ayat.

"Ya Rabbku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisiMu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir'aun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim."
― (QS. At-Tahrim: 11)

Yang lalu setelahnya aku jadi kembali merandomkan diri dengan banyaknya pikiran-pikiran yang entah kenapa akhir-akhir ini terus-menerus mendesak saraf-saraf otak untuk terus memikirkannya. Iya, soal bakti seorang istri kepada suami, yang ternyata banyak hal yang memang harus dipelajari dan dipahami sebagai persiapanku sebagai seorang istri kelak. Terlalu random, sih. Tapi itu kan ilmu yang memang harus dipelajari agar tidak terjerumus dan salah dalam melangkah nanti. Kan, ridho suami adalah surga bagi para istri, bukan?

Dan berbicara soal Asiyah, sebenarnya kisah beliau pun akhir-akhir ini sedang aku baca-baca. Hanya saja agaknya waktu sedikit mempersulit keadaan. Allah, ternyata akhir-akhir ini sulit sekali untuk menyempatkan diri untuk membaca-baca buku itu :"


Jumat, 25 Mei 2018; 12.21
Ternyata masih banyak buku yang harus dibaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar