Published Senin, Oktober 01, 2012 by

Pesimis Merajalela

Ah, hari ini aku benar-benar malas untuk melakukan apapun. Padahal, minggu-minggu ini adalah masanya Ulangan Umum Tengah Semester (UUTS). Ini baru hari ketiga, tapi rasa malas itu benar-benar sudah menguasai otakku. Jangankan menghafal, membaca catatan pun rasanya jenuh. Sedari tadi, aku hanya membuka-buka buku tanpa membacanya. Itupun hanya beberapa menit, sebelum akhirnya terpicut oleh facebook dan blog pribadi.

Entahlah, ini pertama kalinya aku merasakan malas yang benar-benar malas. Rajanya malas! Dari dua mata pelajaran yang diujikan setiap harinya, pasti ada saja yang tidak optimal. Dari hari pertama, matematika dan agama. Ah, memang sudah dari tahun ke tahun matematika ketika UTS maupun UUAS (Ulangan Umum Akhir Semester) itu sampai dua kali diujikan karena begitu banyaknya murid yang tidak mampu melampaui batas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dan mungkin hal itu akan terulang lagi pada UUTS ini, karena saking banyaknya murid yang belum sempat mengerjakan seluruh soal dengan baik dan benar. Termasuk aku.

Dilanjutkan, hari kedua. Fisika dan Bahasa Indonesia. Ah, padahal aku sudah optimis untuk hari kedua ini. Tapi tak disangka dan tak diduga, ada beberapa soal dari ujian Bahasa Indonesia yang keluar dari kisi-kisi dan belum pernah diajarkan. Alhasil, aku down lagi. 

Hari ketiga, kimia dan pkn. Ah, sama seperti hari sebelumnya. Aku sudah optimis untuk hari ketiga ini. Tapi tetap saja, pada ujian PKn, dari 5 buah kisi-kisi yang diberikan oleh sang guru tercinta, hanya tiga yang keluar. Alhamdulillah, tapi.. Masih ada 5 soal yang tidak ada di kisi-kisi dan belum sempat aku bacaa! Alhasil, teknik mengarang bebas pun aku terapkan. Hu-hu-hu.

Dan hari keempat, sempat terpotong oleh libur di hari Minggu. Tapi.. Sayangnya aku tidak sesemangat tiga hari sebelumnya. Besok, giliran ujian Bahasa Inggris dan Olah Raga. Ah, Olah Raga? Terlalu banyak materi yang harus dihafal. Itupun tidak semuanya akan keluar. Benar-benar jenuh UUTS kali ini.

Padahal, peringkatku sudah mulai turun sejak semester dua kelas XI (sebelas) kemarin. Turun 3 peringkat. Hu-hu-hu. Tapi sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah sih. Habis, banyak yang curang sih. Mengandalkan contekan, ckck. Kalau aku kan, jujur dan tidak sombong.

Tapi.. Untuk UUTS kali ini aku benar-benar sudah malas dan pesimis. Lagipula, ada banyak teman-teman di kelasku yang memang sudah sering menduduki peringkat 10 besar. Aku tergusur. Seperti tidak mungkin masuk 10 besar lagi. Yaah, jadi bagaimana dong?

Eh, aku kok nulis ini kayak labil banget ya? Entahlah. Intinya aku sudah kadung malas dan pesimis untuk urusan UUTS semester ini. Ah, butuh penyemangat!